TpC0GUO0GfMlBUd6TfW5BUOoBA==
Skip to main content

Biografi Archimedes





Sesuai namanya, Archimedes adalah penemu hukum Archimedes yaitu hukum pertama yang menerangkan tentang tekanan hidrostatik. Hukum Archimedes beliau temukan ketika beliau diminta oleh Raja untuk membuktikan ketidakjujuran tukang emas yang membuat mahkota Hieron.
Hukum Archimedes ditemukannya ketika Archimedes sedang mandi, dan ketika sudah menemukan jawabanya, Archimedes meloncat dari bak mandi dan lari telanjang di jalanan Syracuse sambil berteriak ” Eureka !! Eureka” (saya berhasil menemukannya”
Biografi Singkat Archimedes
 
Archimedes lahir di Syracuse yang sekarang dikenal dengan nama Sisilia pada tahun 287 SM. Keluarga Archimedes adalah keluarga kelas arsitokrat, ayahnya adala seorang astronom bernama Pehidias yang asih memiliki hubungan kelaurga dnegan Raja Hieron II.
Sehingga sejak kecil Archimedes telah berteman baik dengan Gelon yang tak lain adalah putra sang Raja.
Archimedes menghabiskan masa mudanya untuk menimba ilmu di Alexandria, Mesir. Di tempat inilah Archimedes berkenalan dan menjalin persabhatan dengan dua matematikawan, Conon dan Eratosthenes.
Conon merupakan matematikawan yang sanagt dihormati Archimedes, sedangkan Eratosthenes adalah seorang matematikawan sekaligus astronom yang suka bersolek.
Minat utama Archimedes ada pada matematika murni, bilangan, geometri dan menghitung luas – luas bentuk geometri. Namun Archimedes lebih dikenal sebagai matematikawan karena kehebatanya mengaplikasikan matematika.
Archimedes juga berjasa dalam penemuan ulir Archimedes yang berfungsi untuk mengangkat dengan jalan memutar gagang alat ini dengan tangan.
Archimedes adalah orang pertama yang menemukan metode ‘menghitung besar’ (Pi) dengan akurasi yang tinggi yang menjadi landasan bagi matematikawan selanjutnya.
Archimedes lebih suka mengambar pada bidang pasir atau tanah lembek dibandingkan menggambar diagram pada kertas. Hingga akhir hayatnya, Archimedes dihunus pedang oleh pasukan Romawi yang saat itu sudah menduduki Syracuse ketika sedang menggambar diagram di pasir.
Buku – buku rumus matematika Archimedes yang masih bisa ditemukan adalah :
·         On the Equilibrium of Planes
·         On the Measurementof a On Spirals
·         On the Sphere and the Cylinder

Biografi Archimedes

0

0 Comments for "Biografi Archimedes"

Related Post

Lorem ipsum madolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

Click on one of our representatives below to chat on WhatsApp

img
Customer Service Nina Lawson
6281234567891
img
Billing Albert Henderson
6281977094282
img
Support Sufiya Elija
6281977094283
img
Support Pabelo Mukrani
6281977094284
img
Sales Laila Lan
6281977094285
We run on Goomsite.Net
Hello! What can I do for you?

Need help? Let's chat with us!

Added Successfully